4 Olahraga untuk Menurunkan Tekanan Darah

Meski tidak bisa disembuhkan tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa dikendalikan gejalanya. Selain dengan menjaga pola makan yang sehat anda juga harus rutin olahraga untuk menurunkan tekanan darah. Penderita hipertensi yang berolahraga secara rutin dan teratur memiliki rata-rata tekanan darah yang lebih rendah dari pada mereka yang tidak.

Olahraga khusus untuk penderita hipertensi memang tidak ada. Namun, kata dr. Rio, olahraga jenis aerobik yang dilakukan secara rutin dan teratur mampu menurunkan tekanan darah sistolik maupun diastolik hingga 10 angka. Menurunkan tekanan darah dengan olahraga
Anda punya tekanan di atas normal dan ingin menurunkannya dengan olahraga? Berikut 4 Olahraga untuk Menurunkan Tekanan Darah

4 Olahraga untuk Menurunkan Tekanan Darah

4 Olahraga untuk Menurunkan Tekanan Darah

1. Berenang

Melakukan latihan aerobik baik untuk tekanan darah Anda. Berenang adalah cara yang lembut untuk melakukannya. Lakukan selama 30 menit, atau berusahalah bisa memenuhi jumlah itu jika sekarang Anda baru bisa berenang di bawah setengah jam.

2. Jalan Pagi

Bangun agak lebih pagi dan lakukanlah olahraga jalan. Nyatanya, olahraga ringan ini ampuh untuk penderita hipertensi.

“Dengan melakukan olahraga jalan pagi secara teratur, jantung Anda akan menjadi lebih kuat, sehingga dapat memompa darah dengan lebih mudah. Tekanan pada pembuluh darah pun dapat turun,” ujar dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter.

3. Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan harus menjadi bagian dari rutinitas harian. Anda dapat menggunakan beban, alat berat, alat olahraga, atau berat badan sendiri. Latihan kekuatan membuat Anda kehilangan lemak tubuh, meningkatkan massa otot, dan meningkatkan laju metabolisme Anda.

Kehilangan 4,5 kg dapat menurunkan atau membantu mencegah tekanan darah tinggi jika Anda kelebihan berat badan.

4. Yoga

Yoga sudah lama dipercaya memiliki banyak manfaat. Olahraga ini memiliki intensitas rendah dan cocok bagi Anda yang tidak ingin olahraga dengan intensitas berat. Tingkatkan intensitas dan durasi latihan secara bertahap saat Anda menjadi lebih bugar, untuk membantu turunnya tekanan darah.

Tips Supaya Olahraga Menjadi Nyaman

Sayangnya, semua ini tidak mudah dilakukan karena tantangannya memang banyak. Akan tetapi, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan supaya konsisten berolahraga, yakni: Temukan olahraga yang Anda sukai, dan pastikan Anda melakukannya 30 menit sehari. Jika Anda tidak suka dengan olahraga di gym, tidak masalah. Anda bisa lakukan yoga, berkebun, atau apa pun yang membuat jantung Anda berdetak lebih cepat.

Lakukan Dengan Bertahap

Saat berolahraga, mulailah dengan perlahan untuk mencegah cedera. Anda bisa memulai 10 hingga 15 menit olahraga yang Anda minati. Seperti berjalan di sekitar komplek atau di atas treadmill. Secara bertahap dapat membuat latihan Anda lebih lama dan lebih menantang.

Pilih Olahraga Intensitas Ringan-Sedang

Dokter Rio menyarankan penderita hipertensi untuk menghindari olahraga kompetitif berintensitas tinggi. Olahraga aerobik dengan intensitas ringan, seperti jalan kaki, sudah cukup untuk menurunkan tekanan darah Anda.

“Hindari olahraga kontak seperti tinju, flag football, rugby dan sejenisnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko Anda terkena benturan-benturan, yang bisa berakibat membahayakan diri sendiri,” tutur dr. Rio.

Pentingnya Pemanasan dan Pendinginan

Pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelahnya penting untuk orang dengan tekanan darah tinggi. Latihan-latihan ini membuat detak jantung Anda naik dan kembali normal secara bertahap. Berjalan di tempat atau di atas treadmill selama 10 menit bisa dilakukan untuk pemanasan atau pendinginan.

Anda ingin olahraga untuk menurunkan tekanan darah? Cobalah empat olahraga di atas. Lakukan jenis olahraga yang disukai agar Anda lebih mudah melakukannya secara teratur dan konsisten. Anda dapat pula berdiskusi dengan dokter sebelum memutuskan menjalani salah satu atau beberapa jenis olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *