9 Tips Saat Nyeri Lutut

Jika berbicara nyeri sendi salah satu yang paling sering di alami adalah nyeri lutut, nyeri lutut bisa terjadi karena berbagai faktor akan tetapi ada beberapa hal yang bisa anda lakukan ketika merasakan sakit nyeri lutut.
Nyeri lutut yang tidak ditangani bisa sampai mengganggu aktivitas sehari-hari anda lakukan ketika merasakan nyeri lutut. Tapi tidak perlu khawatir kami akan memberikan 9 tips saat nyeri lutut, apa saja itu?

Di saat seseorang memiliki berat badan berlebih sendi lutut dituntut untuk bekerja lebih keras. Inilah salah satu alasan mengapa nyeri sendi sering terjadi di lutut. Namun nyeri lutut tak sekedar sampai di situ saja. Seiring bertambahnya usia kemampuan sendi lutut juga akan semakin menurun. Dalam kondisi seperti ini nyeri dan kekauan sendi lutut akibat peradangan disebut dengan osteoartritis. Meski begitu saat anda nyeri lutut hal itu bisa diatasi dengan beberapa cara sederhana dibawah ini :

9 Tips Saat Nyeri Lutut

9 Tips Saat Nyeri Lutut

1. Melakukan Latihan

Beberapa latihan terutama latihan kardio memperkuat otot-otot yang mendukung lutut anda dan meningkatkan fleksibilitas. Latihan beban dan peregangan juga perlu dilakukan. Untuk kardio, beberapa pilihan yang baik termasuk berjalan, berenang, dan sepeda statis. Sementara itu tai chi juga dapat membantu meringankan kekakuan dan meningkatkan keseimbangan.

2. Jangan Perbesar Risiko Jatuh

Lutut yang sakit atau stabil dapat membuat anda lebih mungkin terjatuh yang kemudian dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan lutut. Kendalikan risiko jatuh anda dengan memastikan rumah anda cukup terang menggunakan pegangan tangan di tangga dan menggunakan tangga yang kokoh atau kursi jika anda harus meraih sesuatu dari rak yang tinggi.

3. Gunakan Metode RICE

Gunakan metode rice ini adalah Rest (istirarahat) Ice (Kompres Es) Compress (membalut lutut) dan Elevated ( meninggikan kaki yang mengalami nyeri). Metode ini baik untuk nyeri lutut yang disebabkan oleh cedera ringan atau radang sendi.

4. Jangan Mengabaikan Berat Badan

Jika anda kelebihan berat badan menurunkan berat badan bisa mengurangi tekanan pada lutut anda. Anda bahkan tidak perlu mencapai berat badan ideal anda. Penurunan berat badan sedikit saja bahkan bisa memberikan perbedaan.

5. Jangan Malu Menggunakan Alat Bantu Jalan

Kruk atau tongkat dapat menghilangkan tekanan dari lutut anda. Belat lutut juga dapat membantu lutut anda untuk tetap stabil.

6. Pertimbangkan Akupuntur

Pengobatan tradisional Tiongkok ini secara luas digunakan untuk meredakan berbagai jenis sakit dan dapat membantu sakit lutut. Nanti nya jarum-jarum akupuntur akan ditempatkan sekitar lutut anda yang sakit.

7. Perhatikan Kenyamanan Sepatu Anda

Ini terutama bagi orang yang sering berolahraga dan sepatu sebagai senjatanya. Sol yang empuk akan menguarangi stres pada lutut anda.Utuk osteoartritis lutut sering merekomendasikan sol khusus yang anda masukkan ke sepatu. Untuk menemukan sol yang sesuai bicarakan dengan dokter anda atau ahli terapi fisik.

8. Hitung Suhu

Untuk 48 hingga 72 jam pertama setelah cedera lutut gunakan kompres dingin untuk meredakan pembengkakan dan menghilangkan rasa sakit. Kantung plastik berisi es atau ice pack dapat membantu anda. Gunakan selama 15 hingga 20 menit dalam tiga atau empat kali sehari. Bungkus kompres es anda dengan handuk agar tidak terlalu dingin pada kulit anda. Setelah itu anda dapat memanaskan lutut anda dengan mandi air hangat menggunakan bantal pemanas atau handuk hangat selama 15 hingga 20 menit tiga atau empat kali sehari.

9. Jangan Goyang Sendi A nda

Hindari latihan atau olahraga yang membuat lutut bekerja keras, seperti berlari, melompat dan kickboxing. Juga hindari melakukan squat-jump. Itu karena membuat banyak tekanan pada lutut anda, ini dapat memperburuk rasa sakit dan jika tidak dilakukan dengan benar menyebabkan cedera.
Itu adalah beberapa hal bisa anda lakukan ketika anda mengalami kondisi nyeri lutut. Pastikan anda juga berkonsultasi dengan dokter spesialis ortopedi untuk mendapatkan perawatan yang lebih menyeluruh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *