Cegah Nyeri Sendi Setelah Olahraga

Rasa nyeri pada sendi yang muncul setelah olahraga tentu mengganggu kenyamanan. Bahkan bisa menggangu aktivitas sehari-hari. Terkadang nyeri sendi yang muncul setelah olahraga menjadi alasan berhentinya seseorang berolahraga. Penyebab nyeri kemugkinan besar karena osteoartritis, bagaimana cegah nyeri sendi setelah olahraga?

Nyeri sendi atau osteoartritis biasanya lebih sering terjadi ketika Anda menginjak usia dimana terjadi penipisan tulang pada sendi. Selain itu juga dapat disebabkan karena trauma atau penggunaan sendi berlebihan.

Tapi meski terserang nyeri sendi bukan berarti Anda harus istirahat saja di tempat tidur dan memutuskan untuk tidak berolahraga. Sebab olahraga lebih efektif dalam mencegah nyeri sendi. Olahraga –seperti angkat beban– bisa membantu meningkatkan kekuatan otot, sehingga akan menjaga kekuatan sendi Anda.

Cegah Nyeri Sendi Setelah Olahraga

Cegah Nyeri Sendi Setelah Olahraga

Nyeri sendi juga bisa Anda cegah dengan melakukan peregangan (stretching) sebelum mulai berolahraga. Peregangan yang dapat Anda lakukan –misalnya; memutar sendi tangan dan memutar sendi bahu. Cara lain untuk mencegah nyeri sendi adalah dengan memulai olahraga yang ringan terlebih dahulu, baru perlahan meningkat.

Namun apabila Anda sudah terlanjur mengalami nyeri sendi, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan ice pack atau kompres es. Ini dapat menghilangkan nyeri secara cepat, asalkan Anda menempelkannya secara langsung pada daerah yang nyeri. Kemudian diikuti dengan pengaplikasian kompres panas pada daerah yang sama untuk meningkatkan aliran darah ke daerah tersebut.

Apabila nyeri masih belum hilang juga, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan antinyeri seperti Ricalinu Herbal, atau obat-obatan golongan NSAID seperti ibuprofen. Tapi ingat, jangan mengonsumsi obat-obatan ini dalam jangka waktu yang lama tanpa pengawasan dokter.

Sementara itu bahan alami seperti vitamin C juga dapat Anda konsumsi guna mencegah nyeri sendi setelah berolahraga. Studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi protein suplemen yang berasal dari binatang laut –seperti; ikan– bisa membantu mencegah nyeri sendi setelah olahraga.

Namun apabila Anda kerap merasakan nyeri sendi yang hebat, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk memastikan ada/tidaknya kelainan pada sendi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *