Perbedaan Pegal Linu Dan Radang Sendi

Banyak yang beranggapan bahwa pegal linu dan radang sendi merupakan dua kondisi yang sama. Tak jarang kedua istilah tersebut kerap dipertukarkan. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. Pegal linu merupakan sebuah gejala atau keluhan subjektif berupa sensasi nyeri atau kaku pada sendi. Pada pemeriksaan, biasanya tidak didapatkan kelainan sendi yang jelas atau tampak normal. Mari kita cari tahu Perbedaan Pegal Linu Dan Radang Sendi.

Perbedaan Pegal Linu Dan Radang Sendi

Perbedaan Pegal Linu Dan Radang Sendi

Gangguan bisa terjadi pada sendi itu sendiri atau jaringan penyokong di sekitarnya seperti ligamen, tendon, tulang, dan otot. Pegal linu kerap terjadi pada gerakan olahraga yang salah atau berlebihan sehingga sendi menegang, terkilir, atau mengalami dislokasi.

Berbeda dengan pegal linu, selain keluhan nyeri, pada radang sendi tampak jelas tanda-tanda gangguan yang terjadi. Seseorang dianggap mengalami radang sendi apabila terdapat pembengkakan di lokasi sendi yang disertai gejala tertentu.

Gerak sendi yang terbatas, nyeri saat bergerak, dan kulit di atas sendi terasa lebih hangat atau berwarna kemerahan merupakan beberapa tanda yang sering muncul. Ciri lain yang bisa Anda amati adalah adanya perubahan bentuk sendi, kelainan tulang yang membuat sendi sulit digerakkan, dan nyeri yang sangat hebat.

Radang sendi biasanya disebabkan oleh berbagai kondisi yang secara langsung menyebabkan kelainan sendi seperti komplikasi akibat cedera sendi, obesitas, osteoartritis, hingga autoimun. Sedangkan pegal linu mempunyai penyebab yang lebih luas dan beragam, yang kadang tidak berhubungan langsung dengan sendi.

Nyeri yang timbul pada pegal linu juga bisa terjadi akibat peradangan pada tendon, yaitu jaringan penghubung tulang dan otot. Kondisi lain yang bisa memunculkan keluhan pegal linu ialah infeksi virus, kekurangan hormon tiroid (hipotiroidisme), kanker tulang, dan gangguan psikologis.

Anda tidak selalu akan mengalami radang sendi bila terdapat keluhan pegal linu. Namun hal ini tidak berlaku sebaliknya. jika Anda mengalami radang sendi, pasti ada keluhan pegal linu.

Meski radang sendi menunjukkan kelainan yang lebih berat, pegal linu yang sering berulang dan berkepanjangan dapat menandakan hal-hal yang juga serius seperti kanker tulang, gangguan hormon, dan penyakit sistemik lainnya. Karena itu, jangan sampai Anda mengabaikannya, segera konsumsi RICALINU HERBAL jika anda mengalami hal tersebut. Ricalinu sangat ampuh mengobati pegal linu atau pun radang sendi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *